Kegiatan Hari Santri Nasional 2023 di Ponpes AN NUUR Ponorogo


Hari Santri Nasional diperingati setiap tahun pada 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo sejak 2015 silam. Ketentuan peringatan Hari Nasional tersebut tertulis dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. 

Lantas mengapa harus tanggal 22 Oktober? Apakah ada alasan khusus dibaliknya? Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri tentu bukan tanpa alasan, tanggal tersebut merujuk pada peristiwa bersejarah Resolusi Jihad yang dicetuskan KH. Hasyim Asy'ari.

Resolusi adalah menghimpun kekuatan dari santri dan para ulama demi melawan kedudukan penjajah setelah kemerdekaan. Peristiwa tersebut berlangsung pada 22 Oktober 1945, hanya berjarak beberapa bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan disiarkan.

Untuk tahun ini, peringatan Hari Santri Nasional mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” yang merujuk pada makna historis dan kontekstual. Secara historis, tema ini dimaknai sebagai pengingat akan perjuangan santri dan para ulama di masa lalu dalam mempertahankan kemerdekaan negeri ini. 

Adapun secara kontekstual, tema tersebut menggambarkan peran santri masa kini yang tetap aktif berpartisipasi untuk membawa Indonesia lebih maju. Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” disematkan dalam logo Hari Santri 2023 yang dipolakan atas 5 warna. Warna tersebut diantaranya adalah warna merah, putih, hijau, jingga, dan juga biru, dengan warna merah dan putih menyerupai bentuk api.

Maka dari itu santri pondok pesantren AN NUUR juga ikut memperingati hari santri nasional, adapun kegiatan hari santri dilaksanakan di lapangan balai desa trisono babadan ponorogo.

berikut dokumentasi kegiatan HSN



@santri.pusat131 Selamat Hari Santri nasional!!! #ponpesannur #santriindonesia🇮🇩 #pencaksilatindonesia🇮🇩 #bungaislam1967 #harisantrinasional #fyppppppppppppppppppppppp @Kang Santri @harindarmastutik @𝘾𝙍𝙀𝘼𝙏𝙊𝙍_𝘽𝙄_1967 @boghell²² @Rahma🦚 ♬ suara asli - Santri Pusat